Kita akan senang bila menerima pemberian dari orang, tapi yakinlah yang memberi pasti akan jauh lebih bahagia. berilah apapun kepada orang lain berupa kebaikan, dan rasakan manfaatnya....

Sunday, July 25, 2010

Beautiful Stress

Sahabat Indonesia yang baik, berikut adalah resume dari acara Mario Teguh Golden Ways MetroTV, edisi 25 Juli 2010, dengan Topik "Beautiful Stress". Tidak ada orang yang berhasil tanpa sederajat ketegangan (stress) dalam dirinya. Keadaan tegang ini seharusnya melejitkan kita ke sisi2 yang baik; tapi dalam banyak kehidupan melejitkan diri kita ke sisi2 yang mengasihani diri sendiri dan melihat diri sebagai korban.

Dalam episode ini kita akan belajar untuk melihat stress dari sudut pandang yang baik, dengan sikap2 yang menjadikan kita pribadi yang berekasi dengan baik terhadap stress.

Seandainya kita tidak memiliki kecenderungan membandingkan diri kita dengan orang lain, kita tidak akan stress. Secara alamiah kita memiliki kecenderungan membandingkan diri kita dengan orang lain, misalnya “Dia kok tidak pandai, tetapi pangkatnya tinggi”, “Dia tidak tampan, kok punya istri cantik” dsb.

Karena kita sering membandingkan diri kita dengan orang lain, kita melihat diri kita tidak sesuai. Mengapa ada orang yang demikian gembira dalam kesibukannya dan gampang berhasil, sedangkan kita lama dan sibuk bekerja tetapi sulit berhasil.

Kemudian kita sibuk membandingkan diri kita dengan orang tadi, bukan dari perbaikan cara, tetapi dari keadaan yang dilihatnya tidak adil. Semakin kita berpendapat bahwa hidup ini tidak adil, semakin kita tidak melihat perlunya
memperbaiki diri, dan semakin kita akan stress.

Tidak ada diantara kita yang hidupnya baik, yang tidak sibuk dalam kegiatan yang produktif. Orang yang tidak menyediakan tempat dalam hidupnya untuk kebaikan, maka hidupnya akan diisi dengan keburukan.

Stress itu diperlukan untuk mentenagai kita. Supaya stress kita produktif, maka kita harus memperhatikan proses;  yang membuat kita stress karena kita memperhatikan hasil yang dianggap tidak adil.

Maka perhatikanlah prosesnya, jangan bandingkan hasilnya, tirulah proses2 yang digunakan oleh orang lain dan terbukti berhasil.

Ada dua langkah untuk membangun jiwa yang besar, tetapi arahnya tetap sama yaitu membesarkan hati. Pertama, sikapi yang kecil sebagai yang kecil. Banyak orang yang membesar-besarkan hal2 yang sebenarnya kecil. Bagaimana mungkin orang hidupnya baik, kalau menyikapi hal kecil seperti hal yang besar. Kedua, sikapi yang besar, sebagai yang besar.

Gunakan tenaga dan waktu sekecil mungkin untuk urusan yang kecil, lalu curahkan tenaga dan waktu sebesar-besarnya
untuk yang membesarkan kehidupan.

Terkadang kita sudah tahu apa yang harus dilakukan, tetapi tidak mau melakukan. Maka, lakukan yang harus dilakukan, dan jangan lakukan yang tidak boleh dilakukan.

Hidup itu sederhana, tidak ada niatan Tuhan kecuali memuliakan kita. Ikhaslah untuk menjadi pribadi yang menggunakan sekecil-kecilnya tenaga untuk sekecil-kecilnya urusan; dan menjadi pribadi yang menggunakan sebesar-besarnya tenaga kepada sebesar-besarnya urusan.

Kesalahan menghitung hanya datang kepada yang menghitung. Dan kehidupan itu yang disebut ikhlas adalah yang tidak memperhitungkan jaminan Tuhan.

Maka hidup ini akan menjadi lebih indah apabila kita melihat satu sama lain sebagai pemulia kehidupan. Tidak boleh satu bagian mengharuskan bagian lainnya supaya mengalah, untuk dia menjadi lebih hebat. Atau tidak boleh seseorang itu mangalah, hanya supaya hidupnya damai.

Kita harus tegas mengenai yang baik bagi  diri kita,dan kita harus yakin bahwa keberanian paling hebat adalah keikhlasan.

Kita membutuhkan pemaksa, mulai kita bangun tidur sampai tidur lagi. Setiap kita ini rata2 hidup dibawah potensinya. Itu sebabnya ada kata malas, ragu2, penunda, nanti saja dsb. Seandainya kita bisa tegas memaksa diri kita tanpa harus ditemani mahluk ghaib yang bisa memaksa, seperti apakah kita?

Ada 3 pola penting dalam hidup ini: pola sikap,polapikir, pola tindakan. Seseorang itu hidupnya sulit karena pola2 yang digunakannya. Ia tidak mungkin bisa keluar dari kesulitan kalau tidak memperbaharui pola sikap,polapikir, pola tindakannya.

Jadi orang yang stress dalam kehidupan yang tidak produktif itu adalah karena ia menggunkan pola yang sama untuk melemahkan dirinya, kemudian teriak2 untuk bisa keluar dengan pola yang sama itu.

Maka sederhananya, ikhlaslah mengamati pola yang ada dalam cara2 anda mengambil keputusan mengenai sikap, pikiran dan tindakan anda.

Berfokuslah pada proses, jangan bandingkan anda dengan orang lain dalam hasil. Hadiah terbaik dari orang yang melakukan kebaikan dalah kebaikan.

Mulai dari sekarang, hormati stress dalam hidup anda, gunakan dari kesedihan dan kegalauan anda, untuk menjadikan diri anda lebih disukai, lebih diterima, lebih dipercaya oleh lingkungan. Jadilah pribadi yang lebih dipercaya, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Demikian resume singkat dari Mario Teguh Golden Ways dengan Topik  "Beautiful Stress" , mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Jika sekiranya didapati kekurangan – suatu kebahagiaan bagi kami, apabila sahabat sekalian berkenan mengoreksi serta menyempurnakannya. Jika sahabat ingin mendengarkan kembali audio rekaman lengkap-nya, sahabat bisa unduh file audio-nya disini.

Terimakasih kepada sang narasumber Bapak Mario Teguh, yang tidak bosan-bosannya berbagi kebaikan dengan kami. Semoga Tuhan semakin meluaskan Ilmu Bapak dan selalu meberkahi Bapak dan keluarga. Ammin..

self improvement © 2008 Por *Templates para Você*