Kita akan senang bila menerima pemberian dari orang, tapi yakinlah yang memberi pasti akan jauh lebih bahagia. berilah apapun kepada orang lain berupa kebaikan, dan rasakan manfaatnya....

Monday, July 12, 2010

Berdamai Dengan Masa Lalu

Sahabat Indonesia yang baik, yang sedang membangun masa kini agar menjadi masa lalu yang indah dimasa depan, berikut adalah resume dari acara Mario Teguh Golden Ways MetroTV, edisi 11 Juli 2010, dengan Topik "Berdamai Dengan Masa Lalu". Banyak sekali orang sekarang yang hidupnya tidak damai, memarahi dirinya sendiri, dan menyesalkan mengapa dirinya melakukan hal2 yang diketahuinya tidak boleh dia lakuan.

Dalam episode ini akan dibahas bagaimana cara2 memperlakukan masa lalu dengan anggun sehingga kita bisa menaruh nilai yang lebih tinggi hari ini, agar hari ini menjadi kenangan yang baik dimasa depan. Karena orang2 dewasa memiliki lebih banyak ingatan baik tentang masa lalunya daripada penyesalan tentang kesalahan dimasa lalu.

Dalam hidup ini anda bisa menggunakan ingatan atau menggunakan pengertian; kalau kita marah kepada seseorang, berarti dia menggunakan ingatan terhadap orang itu sebagai seonggok ingatan tidak baik.

Banyak orang menggunakan ingatan sebagai cara menuntun dirinya dalam kehidupannya sekarang; mau seperti apapun, mau kapanpun dia hidup, dia menggunakan ingatan. Sehingga waktu itu ditenagai oleh emosi.Ingat satu waktu dimasa lalu kalo anda tidak mengingatnya dengan emosi.

Selalu orang kalo menyebut waktu disebutnya dengan kekuatan emosi. Berarti kita kalo mau hidup lebih baik dimasa
depan, emosi yang kita pilih untuk mentenagai waktu, harus emosi yang baik. Jadi bukan ingatan yang kita gunakan untuk hidup, tetapi sebaiknya pengertian yang baik.

Anggapan bahwa kebaikan dan kebenaran itu relatif memang betul, sampai kita betul2 berada didinding terakhir mengenai yang relatif itu; yang namanya kebenaran yang dibenarkan Tuhan.

Jadi orang yang mengatakan kebenaran itu relatif harus mendekatkan diri kepada agama. Maka bergaullah dengan para
pemuka agama dan ahli dalam bidang ini, karena agama itu bukan sesuatu yang mudah dikarang, tetapi harus dipelajari.

Pengertian relatif-nya ini akan tetap indah dan tumbuh, apabila kita menuju kepada sesuatu yang tidak bisa dibantah lagi.

Didunia ini hanya ada dua macam orang, yaitu orang baik  dan orang jahat; orang baik melakukan hal2 baik, orang jahat melaukan hal2 jahat. Tetapi ada yang lebih jahat dari orang jahat, yaitu orang munafik; karena dia orang jahat yang menggunakan kebaikan untuk menipu orang baik.

Bukanlah pengertian yang akan mengubah kehidupan, tetapi tindakan yang ditenagai oleh pengetian baik. Untuk itu secepat anda mengerti sesuatu, perbaiki tindakan anda sesuai dengan pengetian itu.

Jadi bagaimana mungkin kita tepat hidupnya kalo pengertian yang baik tidak digunakan untuk memperbaiki tindakan.

Tidak ada orang yang saat ini tidak bahagia, yang ketidak-bahagiaannya tidak bersumber dari tidak rukunnya keluarga; baik sebaga suami, sebagai istri, maupun sebagai anak. Dan yang paling bertanggung jawab bagi kualitas keluarga adalah suami dan istri.

Tidak ada cara lain untuk mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui kecuali dengan bertanya. Keluarga yang paling banyak menyimpan kata “tapi” dalam berkomunikasi dengan pasangannya, adalah keluarga yang paling banyak mempunyai potensi pertengkaran besar.

Tidak ada dalam kehidupan keluarga atau dalam kehidupan berbangsa yang tidak bisa diselesaikan dengan berbicara dengan baik.

Orang besar selalu melihat pasangannya sebagai pemulia pasangannya; maka jika ada orang besar yang bersikap kasar kepada pasangannya, maka sudah dipastikan dia bukan orang besar.

Wanita adalah perhiasan terindah bagi seorang pria, sehingga wanita itu menjadikan pria lengkap. Seorang pria bersahaja yang menggunakan pakaian yang sangat sederhana, tetapi jika ia memiliki istri yang anggun dan ramah, maka ia akan dimuliakan oleh lingkungannya.

Kita semua memiliki masa lalu yang kita bawa sampai ke masa kini. Sebagian dari kita malah membawa puing2 kesalahannya dimasa lalu sebagai penghalang langkahnya hari ini.

Tidak ada yang bisa kita lakukan hari ini, yang bisa mengubah apapun dimasa lalu. Tetapi perasaan bersalah dimasa lalu itu telah menjadikan diri kita lebih baik dimasa sekarang.

Jadi bagaimana kalu kita pilih 2 tindakan sederhana yang kita pilih; pertama, mengambil pelajaran dari kesalahan kita dimasa lalu, tetapi meninggalkan sakit hatinya. Sehingga jangan ingat2 sakitnya, tetapi jangan lupakan pelajarannya.

Kedua, karena setiap saat kita sedang membangun kenangan, pastikan orang yang anda temui dan anda sentuh nanti mengingat anda dengan baik.

Pastikan yang anda pikirkan, yang anda rasakan, yang anda lakukan sekarang membuat anda nanti membuat diri anda bangga dengan diri anda tadi.

Kalau orang bisa bangga dengan dirinya tadi, berarti tahun 2020 akan menjadi pribadi yang mensyukuri dirinya pada tahun 2010.

Maka berfokuslah pada yang kita lakukan hari ini, agar hari ini menjadi masa lalu yang baik bagi masa depan kita.

Demikian resume singkat dari Mario Teguh Golden Ways dengan Topik  "Berdamai Dengan Masa Lalu" , mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Jika sekiranya didapati kekurangan – suatu kebahagiaan bagi Kami, apabila sahabat sekalian berkenan mengoreksi serta menyempurnakannya. Jika sahabat ingin mendengarkan kembali audio rekaman lengkap-nya, sahabat bisa unduh file audio-nya disini.

Terimakasih kepada sang narasumber Bapak Mario Teguh, yang selalu istiqomah membagikan ilmu2 terbaiknya. Semoga Tuhan semakin meluaskan Ilmu Bapak dan selalu meberkahi Bapak dan keluarga. Ammin..

0 comments:

self improvement © 2008 Por *Templates para Você*