Kita akan senang bila menerima pemberian dari orang, tapi yakinlah yang memberi pasti akan jauh lebih bahagia. berilah apapun kepada orang lain berupa kebaikan, dan rasakan manfaatnya....

Sunday, May 2, 2010

Sampai Suatu Masa

Sahabat Indonesia yang baik. Berikut adalah resume dari acara Mario Teguh Golden Ways MetroTV, edisi 02 Mei 2010, dengan Topik "Sampai Suatu Masa". Dalam kehidupan ini, kebenaran telah diajarkan kepada kita, beribu-ribu tahun yang lalu, baik secara formal atau tidak, dengan diamati atau diturunkan dari langit. Tetapi prinsipnya kebenaran itu sudah ada bersama kita, dan kebenaran itu benar. Apakah kita menerapkan atau tidak, prinsip itu benar?. Sampai suatu masa, mudah2an hadir dalam keikhlasan untuk hidup dalam sebaik-baiknya kehidupan.Berikut resume lengkap yang bisa kami catat:

Sebetulnya setiap kita itu sedang menunggu. Yang sedang melakukan kebaikan, sedang menunggu hasil dari kebaikannya; dan yang sedang melakukan keburukan, juga sedang menunggu akibat dari yang dilakukannya.

Kalau kesalahan bisa dilakukan tanpa sebuah perhitungan, berarti kita harus berbahagia sekali bahwa kebaikan juga pasti akan dihitung.

Menerima atau tidak, bahwa kita akan sampai pada suatu masa dimana kita tiak segesit dulu, sekuat atau sesehat dulu; sehingga akan banyak hal yang tidak lagi bisa ditantang dengan kekuatan fisik; atau dengan pengabaian, atau dengan bantahan, atau dengan sikap ngeyel, keras kepala dll. Saat dimana kita mengharuskan, memimpikan, mengupayakan kebahagiaa bagi keluarga, bagi anak2 kita; kita sudah mulai banyak mengerti, mungkin banyak dari masa muda kita, yang kita terbengkalaikan.

Sebagian dari kita menjadi penguji bagi yang lain, seperti sebagian dari kita juga sebagai pembukti bahwa konsep2 yang kita yakini atau yang tidak kita yakini ternyata berdampak pasti.

Dalam kehidupan ini, kebenaran telah diajarkan kepada kita, beribu-ribu tahun yang lalu, baik secara formal atau tidak, dengan diamati atau diturunkan dari langit. Tetapi prinsipnya kebenaran itu sudah ada bersama kita, dan kebenaran itu benar. Apakah kita menerapkan atau tidak, prinsip itu benar?. Sampai suatu masa, mudah2an hadir dalam keikhlasan untuk hidup dalam sebaik-baiknya kehidupan.

Suatu pekerjaan yang simple, tapi kalau Tuhan berkenan memberikan rejeki kepada kita, cara yang skecil-kecilnya yang kita upayakan, bisa menajadi sumber bagi sebesar-besarnya rejeki bagi keluarga kita. Jadi bukanlah hebatnya cara, tapi besarnya kesungguhan untuk menggunakan kehidupan ini sebagai waktu, sebagai pemulia kehidupan.

Kalau kita memimpin, kita tidak meminta keadilan, tetapi kita yang memastikan keadilan.

Dalam kehidupan itu yang paling penting adalah tepat terlebih dulu, baru kemudian belajar cepat. Cepat sampai dalam hidup itu bukan cepat kaya; tetapi cepat damai, namanya baik, tidak dibicarakan jelek dan tidak jadi korban fitnah orang lain.

Syaratnya suatu keadilan dalam ilmu kepemimpian itu adalah memiliki rasa sayang. Untuk itu sapaan kita terhadap saudara kita, kalau bisa jangan hanya sekedar ucapan ’selamat pagi’, tetapi akan lebih bagus kalau dalam bentuk sebuah do’a; misalnya ucapan ’sahabat-sahabat saya yang baik hatinya’, ini adalah bentuk do’a untuk kebaikan hati sahabat kita.

Dalam kehiduan yang sibuk, terkadang yang disebut kesempatan itu adalah kesempatan mencuri. Misalnya, kalau ada uang yang bisa kita ambil sebesar satu juta dengan cara tidak jujur, sebetulnya kita punya kesempatan untuk mendapatkan satu juta dengan cara yang jujur.

Seribu rupiah yang didapatkan dengan cara yang jujur, jauh lebih mulia dibanding satu milyar dengan cara yang tidak halal. Apabila orang sudah berani tidak jujur dengan nilai satu rupiah, dia bisa tidak jujur dengan nilai satu triliun. Orang tidak jujur itu tetap salah, baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Dalam setiap keadaan apapun, kalau mau mengeluh apapun bisa dikeluhkan; tetapi kalau mau bersyukur, apapun bisa disyukuri.

Orang itu ketika berhenti mencari uang, dia kemudian bekerja dengan jujur melayani orang lain, uangnya malah lebih banyak daripada yang hanya sekedar mencari uang. Karena orang kalau cari uang akan tegang, emosi, itung2-an dsb; tetapi kalau kita ikhlas untuk menyenangkan orang lain, maka sesungguhnya uang itu tidak harus diberi orang, uang bisa datang kepada kita dari arah yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Masalah itu ada dua macam, ada masalah yang bisa kita selesaikan sendiri, ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan, dan hanya orang tertetentu yang bisa menyelesaikannya. Pemimpin itu jika mau memimpin, tidak harus menunggu pemimpin besar. Siapapun anda, Jika anda berani berikrar “dengan kehadiran saya, lingkungan ini bisa menjadi lebih baik”, maka anda itu seorang pemimpin.

Kita itu bersahabat dengan hatinya orang, jadi kalau berbicara jangan ke kepalanya, bicaralah ke hatinya.

Tuhan itu jika mau memberikan rejeki dalam waktu pendek-pun bisa; bukan banyaknya waktu yang menjadikan rejeki kita baik, tetapi berkahnya waktu.

Dalam hidup ini banyak hal yang tidak pernah kita duga sebelumnya; bahkan banyak hal yang kita alami sekarang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, ia seolah berjalan diluar perkiraan kita.

Hidup ini banyak yang kejadiannya tahu-tahu, jadi kalau hidup ini banyak yang kejadiannya tahu-tahu, berarti tugas kita hanya menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya.

Kita tidak boleh menunda yang terbaik bisa kita lakukan, hanya karena yang seharusnya membantu kita, belum membantu; kita tidak boleh menunggu.

Setiap jiwa dalam kehidupan ini sebetulnya sangat berhak untuk berhasil. Tidak semua keluhan membutuhkan penyelesaian, tidak semua keluhan membutuhkan nasihat, tidak semua keluahan membutuhkan solusi; karena kalau kita berpikiran positif, akan datang satu masa dimana kita nanti akan mengerti.

Lalu… mengapa kalau kita tahu akan datang suatu masa dimana kita mengerti, mengapa kita tidak putuskan sekarang?. Mengapa kita harus menua dulu, merasakan kegagalan yang pernah dirasakan oleh orang2 muda yang lebih ikhlas sebelumnya?.

Bagaimana kalau kita menyikapi keluhan2 kita, masalah2 dalam kehidupan ini dengan mendahulukan rasa syukur. Karena untuk setiap komponen yang kita keluhkan, ada satu komponen disebelahnya yang bisa disyukuri. Kalau kita mengeluhkan anak, ada satu hal tentang anak yang bisa disyukuri. Kalau kita mengeluhkan tentang keluarga, pasti ada satu hal yang indah dalam keluarga itu yang bisa disyukuri.

Jadi mulai saat ini, mari kita dahulukan syukur mulai dari bangun pagi, mendahulukan syukur kepada orang2 yang kita temui pertama kali dalam satu hari, mendalamkan syukur saat kita mendapatkan rejeki dihari ini. Kemudian kita bekerja terlalu keras untuk khawatir disiang hari,sehingga kita terlalu capek dimalam hari untuk khawatir, sehingga tidur kita indah.

Sampai suatu masa dimana nanti kita disambut karena kebaikan-kebaikan kita, marilah kita tetap bersaudara dalam kebenaran dan kesabaran. Utamakanlah keihklasan untuk bersyukur,utamakanlah keihlasan untuk berterimakasih kepada kehidupan dan kepada yang menciptakan kehidupan. Dahulukanlah menjadi pribadi yang ramah. Lalu perhatikan apa yang terjadi.

Demikian resume dari acara Mario Teguh Golden Ways dengan Topik "Sampai Suatu Masa". Jika sekiranya didapati kekurangan – suatu kebahagiaan bagi Kami, apabila sahabat sekalian berkenan mengoreksi serta menyempurnakannya.

Jika sahabat ingin mendengarkan audio rekaman dari nasihat-nasihat Pak Mario Teguh dalam format mp3, silahkan untuk masuk ke halaman Super Download.

0 comments:

self improvement © 2008 Por *Templates para Você*