Kita akan senang bila menerima pemberian dari orang, tapi yakinlah yang memberi pasti akan jauh lebih bahagia. berilah apapun kepada orang lain berupa kebaikan, dan rasakan manfaatnya....

Tuesday, June 15, 2010

MTGW 15 Juni 2010: Gossip

Gossip itu menjadi semakin penting karena orang semakin sadar dia harus membangun nama baik. Semua gosip bertentangan dengan kepentingan kita membangun nama baik. Itu sebabnya orang marah kalau digosipkan. Padahal sudah jelas gosip itu tidak benar, karena kalau benar namanya berita.

Uniknya uang yang dihasilkan dari gosip jauh lebih besar daripada memberitakan sesuatu yang benar, karena banyak orang menikmati kalau orang berbicara tentang gosip. Gosip itu menarik sekali karena tidak benar.

Maka jika seseorang tertarik kepada sesuatu yang tidak benar, berarti ada ketidak-baikan dihati yang menikmati berita tidak baik tentang orang lain. Kalau orang baik tidak akan menikmati fitnah tentang orang lain.

Melalui bahasan ini semoga kita akan tegar kalau digosipkan, malah bahkan bisa melihat kesyukuran dalam gosip itu. Dan kemudian menjadi pribadi yang bijak yang menghindari keadaan yang bisa digosipkan.

Pria yang bicaranya tidak hati-hati kepada wanita, yang bercandanya tidak hati-hati, yang pergi malam hari tidak dengan muhrimnya, didepan orang lain semakin banyak pamer harta; maka dia akan semakin banyak difitnah.

Untuk itu hidarkan diri menjadi pribadi yang rentan fitnah. Maka berbicaranlah yang baik, karena sebuah gelas itu warnanya ditentukan oleh cairan yang ada didalamnya. Jadi kalau kita mau selamat dari fitnah, pastikan yang keluar dari mulut kita itu baik, jaga pandangan mata, kemudian jaga diri kita jangan sampai terlihat didalam lingkungan dan pergaulan yang tidak baik.

Kalau kita digosipkan; pertama, ternyata tidak ada gunanya memberikan klarifikasi kepada orang yang tidak percaya. Kedua, ternyata gosip itu menjadi berkah, karena kita jadi tahu mana sahabat yang sebetulnya, dan mana yang palsu.

Maka jika anda digosipkan, pertahankan tempat anda, berdirilah gagah, hadapi lalu katakan “Akan kuperbanyak kebaikan-ku melawan keburukan yang mereka upayakan”.

Kalau kita digosipkan, hanya tinggal bandingkan lebih banyak mana yang percaya bahwa anda orang baik, atau yang mempercayai berita tidak baik tentang anda.

Tetapi kalau kita tahu tidak ada yang terjadi yang ditujukan Tuhan selain yang memuliakan kita, bahkan gosip itu harus disyukuri. Kalau gosip itu menjadikan kita lebih baik, lebih berhati-hati, lebih menghormati pergaulan, lebih menata pendekatan; berarti sesuatu yang buruk itu menjadi kebaikan, kalau menjadikan kita lebih baik.

Demikian resume singkat dari Mario Teguh Golden Ways dengan Topik "Gossip" , mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sahabat sekalian. Jika sekiranya didapati kekurangan – suatu kebahagiaan bagi Kami, apabila sahabat sekalian berkenan mengoreksi serta menyempurnakannya. Jika sahabat ingin mendengarkan kembali audio rekaman lengkap-nya, sahabat bisa unduh file audio-nya disini atau untuk unduh audio edisi lainnya disini.

0 comments:

self improvement © 2008 Por *Templates para Você*