Kita akan senang bila menerima pemberian dari orang, tapi yakinlah yang memberi pasti akan jauh lebih bahagia. berilah apapun kepada orang lain berupa kebaikan, dan rasakan manfaatnya....

Monday, April 26, 2010

MTGW 25 April 2010: Masa Depan Tak Pasti"

Sahabat Indonesia yang baik. Berikut adalah resume dari acara Mario Teguh Golden Ways MetroTV, edisi 25 April 2010, dengan Topik "Masa Depan Tak Pasti". Semakin tidak pasti masa depan, semakin kita harus pasti dengan kualias pribadi kita, dengan kualias dari tujuan pekerjaan kita. Hilangkan kerisauan mengenai masa depan yang kualitasnya ditentukan oleh kualitas yang kita lakukan hari ini. Berikut resume lengkap yang bisa kami catat:

Banyak sekali diantara kita yang sangat khawatir dengan masa depan, itu sebabnya kita harus menaruh masa depan dengan semua ketidakpastiannya dalam prospektif yang logis, dengan cara2 yang pasti sampai ditempat yang baik.

Apabila segala sesuatu itu tidak pasti, berarti semuanya mungkin. Jika kita memulai bisnis sendiri tidak pasti berhasil, berarti mungkin berhasil. Sehingga setiap kali ada kesempatan gagal, berarti disana selalu ada kesempatan berhasil. Hanya kita yang harus berprilaku yang membuat kita lebih mungkin berhasil daripada gagal.

Jadi kalau begitu masalah sikap saja, tidak ada apapun dimasa depan yang pasti. Kecuali kita membangun kepastian melalui hukum sebab akibat.

Kalau kita mau masa depannya pasti, maka cari-lah sebab2 yang menjadikan kita dibayar tinggi, kalau itu uang. Kalau itu pangkat, maka pilihlah hal2 yang menjadikan kita diangkat. Kalau kita mau dihormati, maka pilihlah hal2 yang menjadikan kita dihormati. Jangan minta sesuatu yang akibat.

Banyak orang merasa hidupnya tidak pasti itu, karena meminta hal2 yang sebetulnya masih menunggu penyebaban darinya.

Kita tidak berhak meminta air seember untuk dicurahkan kepada kita, jika kita hanya punya sebuah gelas kecil. Dan Tuhan hanya meminta menyiapkan ember dulu.

Jadi banyak orang merasa masa depannya tidak pasti, karena dia tidak menyediakan sesuatu yang pantas menjadi tempat dicurahkannya berkah.

Kita semua sepakat bahwa impian, tujuan, cita2 itu penting; tetapi jika semua ini tidak ada, maka bekerjalah seperti mempunyai impian besar, bekerjalah seperti mempunyai tujuan besar, dan bekerjalah seperti mempunyai cita2 besar. Orang2 ini sering kaget waktu berhasil.

Karena dia tidak memimpikan apapun, tidak punya tujuan, tidak punya cita2, tetapi dia bekerja seperti orang yang impiannya besar. Ia bangun lebih pagi, tampil lebih rapi, bekerja lebih rajin, dihina bisa tetap sabar, dibayar terimakasih.

Orang2 yang ikhlas bekerja seperti disemangati oleh sesuatu yang besar, akan mencapai hasil yang sama dengan mereka yang bekerja keras dengan tujuan yang besar.

Pengalaman Pak MT dulu bekerja bukan untuk menjadi pegawai; Pak MT bekerja untuk mencapai pangkat setinggi mungkin, sesegera mungkin, lalu kemudian berhenti, supaya nanti bisa bekerja untuk diri sendiri. Karena tidak ada orang bekerja untuk orang lain yang betul2 bebas, berapapun besar gajinya. Padahal keindahan dalam kehidupan ini hanya bisa utuh kalau kita betul2 bebas, dan bisa melayani sebanyak mungkin orang.

Kalau kita mencari uang, maka kita diharuskan melayani; kalau anda melayani, anda harus dibayar. Sekarang pilihannya adalah mencari uang untuk diharuskan melayani atau melayani yang diharuskan dibayar oleh Tuhan ?. Tentunya pilihan yang lebih baik adalah melayani.

Maka siapaun yang sekarang sedang bekerja sebagai karyawan, yang mengubah paradigma kerjanya bukan untuk mencari uang, tetapi untuk melayani, dia akan menjadi pribadi yang lebih pantas dibayar tinggi. Jadi anda tidak harus berhenti bekerja yang fokusnya melayani.

Maka sekarang, jadikanlah karir anda sebagai kesempatan menggembirakan orang lain. Maka jadilah pribadi yang nafasnya beraroma layanan, yang detak jantungnya bergetar dengan pelayanan, senyumnya untuk menggembirakan orang.

Jadi kalau kita ingin masa depan kita pasti, maka pastilah dengan kebaikan didiri anda. Semakin tidak pasti masa depan, maka semakin pastilah dengan kebaikan didiri anda.

Tidak ada ilmu yang lebih powerfull/lebih hebat daripada ilmu ikhlas menerima. Kalau kita menerima kita ber-Tuhan, maka kita harus terima bahwa tidak ada yang dilakukan Tuhan, yang tujuannya selain memuliakan kita.

Sehingga apapun yang terjadi kepada kita, baik atau buruk; kalau menjadikan kita lebih baik, maka yang terjadi itu adalah kebiakan. Sehingga kesimpulannya, bahkan keburukan jika menjadikan kita baik, maka sebetulnya adalah kebaikan.

Ikhlaslah kita kepada prilaku Tuhan, karena tidak ada prilaku Beliau kecuali yang tujuannya memuliakan kita.

Setiap jiwa sebetulnya sedang menunggu sesuatu; yaitu menjadi pribadi yang berpendar dengan kebaikan. Hanya yang betul2 sampai dalam keadaan itu adalah yang sibuk selama menunggu.

Kita semua sedang menunggu, hanya yang kita tunggu ditentukan sekali oleh kesibukan kita selama menunggu. Jangan menunggu kehidupan yang baik, yang kesibukannya merusak kesehatan.

Yang pasti dalam kehidupan adalah yang kita pilih. Maka orang yang memilih jujur, bekerja keras waktu muda, dia mudah dibantu, orang2 ini tidak usah khawatir dengan kemuliaan dirinya dimasa tua.

Yang pasti adalah menajadi orang baik sekarang, sehingga pilihan masa depan yang ditata oleh kita adalah sesuatu yang
baik. Karena apapun yang terjadi, kebaikan adalah kekayaan paling mulia.

Pendidikan itu bukan menyiapkan anda dari keilmuan; pendidikan itu menyiapkan mental anda untuk menyelesaikan permasalahan yang pelik, untuk berpikir urut logis dan juga berlajar melihat gambar besar. Kalau semua itu anda pelajari semasa kuliah, anda bisa bekerja dalam bidang apapun. Tetapi pertanyaannya adalah apakah anda bisa mencapai kesemua itu dengan belajar yang asal-asalan?.

Maka pastikan diri anda membangun mental yang menjadikan anda bisa dipekerjakan dimanapun, dihormati dan dibayar dengan tinggi.

Seni bagi seorang pedagang dalam sekala sekecil sekalipun adalah bisa membangun responsibility; kalau dia giat maka dia bisa kaya, kalau dia malas maka dia akan gelisah.

Berbeda dengan karyawan yang bisa libur, bisa ngelamun, bisa bolos selama bekerja dan tetap gajian; meskipun jika dia menajadi seorang karyawan yang mentalnya seperti pedagang ulet dan berhati besar maka dia akan menjadi pedangan yang besar. Anda tidak bisa memimpin orang banyak dengan hati yang impiannya kecil.

Jika anda mau melakukan investasi pikirkan apa yang anda lakukan selama menunggu prosentase itu apa?. Karena semua yang berhasil sampai adalah yang kesibukannya selama menunggu menjadikan dirinya lebih kuat.

Cara terbaik untuk mewujudkan mimpi adalah segera terbangun dan kemudian bekerja. Karena keberhasilan tidak ada di alam rencana, tetapi ada dialam tindakan.

Untuk kita yang belum bisa mencapai apa yang kita inginkan harus bertanya, mengapa Tuhan belum menyegerakan itu?. Karena orang yang memohon kekayaan, dan setelah kaya berpotensi jadi sombong, apabila kita disayang Tuhan, maka Tuhan akan menunda permohonan kita, sampai anda betu2 pantas untuk itu. Maka siapkanlah diri anda bagi kepantasan apa yang anda minta.

Kalau mau berubah, karena kita mengharapkan kesejahteraan yang segera, kita mengharapkan pembebasan dari tekanan kehidupan segera, maka berubahlah segera.

Berubahlah yang total, jangan bersihkan keindahan taman dihati ini dengan menyisakan sedikit-sedikit rahasia. Berapa
banyak dari kita yang punya rahasia2 kecil, yang tidak akan dilakukannya didepan tetangganya, tetapi dilakukan didiepan Tuhan Yang Maha Menyaksikan.

Bagaimana mungkin kita menggunakan hati untuk berdo’a tetapi juga menjadi tempat adanya sampah. Jadi kalau mau disegerakan perpindahan hidup kita kepada yang lebih baik, maka hijrahlah/pindahlah total.

Niat adalah peng-hijrah, yang membuat orang pindah itu adalah niat, semakin besar niatnya maka semakin besar perpindahannya; karena semua amalan itu bergantung pada niatnya.

Jadi kalau sudah berniat ingin jadi orang baik, jangan diangsur; baikkan dihati, baikkan dipikiran, baikkan diprilaku, lalu ikhlaslah karena anda akan dicoba/diuji. Karena semua orang yang menyatakan ingin jadi orang baik akan diuji kesesuaiannya untuk kehidupan2 yang baru.Karena tidak ada orang lama pantas bagi kehidupan baru.

Jika anda takut dibicarakan jelek oleh orang lain, jangan berhentikan rasa takut itu, beranilah mensahabatkan diri kepada sebanyak mungkin orang. Tuhan saja mengijinkan adanya penjahat, kalau Tuhan mau, bisa saja Tuhan menghabiskan semua penjahat di muka bumi ini.

Tuhan ijinkan adanya penjahat supaya jelas bagi kita, kita orang baik. Jadi kalau begitu pilihlah diri anda sebagai sahabat yang memuliakan bagi kehidupan orang lain. Mulai sekarang hijrahlah dan nikmati keindahan dari menjadi pribadi yang baik.

Semakin tidak pasti masa depan, semakin kita harus pasti dengan kualias pribadi kita, dengan kualitas dari tujuan pekerjaan kita.

Jadi mulai sekarang, hilangkan kerisauan mengenai masa depan yang kualitasnya ditentukan oleh kualitas yang kita lakukan hari ini.

Semakin kita khawatir tentang masa depan, kita itu khawatirnya sekarang. Sehingga masa depan yang kita khawatirkan itu kita rusak dengan prilaku tegang hari ini.

Damailah didalam keikhlasan sebagai pribadi yang baik. Kalau yang anda katakan baik, yang anda pikirkan baik, yang anda lakukan baik, anda tidak mungkin salah.

Jadi bukan lagi kita mengisi keseharian kita dengan kekhawatiran mengenai masa depan, khawatirlah mengenai hal2
yang seharusnya kita lakukan, tetapi kita tidak lakukan.

Maka anjurannya, dahulukan yang harus anda dahulukan; singkirkan yang harus anda singkirkan; utamakan memperkuat diri.

Demikian resume dari acara Mario Teguh Golden Ways dengan Topik "Wanitaku Pemuliaku". Jika sekiranya didapati kekurangan – suatu kebahagiaan bagi Kami, apabila sahabat sekalian berkenan mengoreksi serta menyempurnakannya.

Jika sahabat ingin mendengarkan audio rekaman dari nasihat-nasihat Pak Mario Teguh dalam format mp3, silahkan untuk masuk ke halaman Super Download.


0 comments:

self improvement © 2008 Por *Templates para Você*